Minggu, 08 Januari 2012

Have you use it wisely?


Kemarin malam, gw chatting sm seorang perempuan yang mendeklarasikan dirinya sebagai sahabat gw,dan gw juga mendeklarasikan hal demikian, si Annisa Putri, biasa lah, dia cerita tentang kegalauannya dalam dekat-mendekati seorang pegawai yang bertugas di kantor pusat instansi saya, di lantai enam lebih tepatnya, berinisial F, dan berusia sekitar 24 tahun.

Awalnya sih cuma ngomongin tentang laki-laki berinisial F itu, sampe lama-lama jadi ngomongin apa yang udah dicapai setelah 4 tahun (dia sih yang 4, gw baru 3) kerja di kementerian yang mengurus uang di Indonesia ini.

Ya kalo diitung-itung, 3 tahun terakhir emang gw nggak memprioritaskan simpanan, investasi, atau pemilikan asset berharga apapun dalam membelanjakan gaji gw (yang tidak seberapa berkat peraturan menteri nomor 190 yang dikeluarkan tahun 2008 itu, huh).

Tapi tahun 2011 kemaren, I got a wake up call, ngeliat si itu punya anu, si anu punya itu,anunya si itu lebih gede dari anu gw, tapi itu gw lebih gede dari si anu, jadi mikir aja: “selama ini gw pake buat apa aja itu gaji + tunjangan + insentif?”

Well, gw pun mulai mencari-cari alternatif supaya uang yang gw peroleh tiap bulan nggak lenyap tanpa bekas ky abis nyiram air ke gurun pasir, salah satu alternatif  yang muncul adalah Reksadana.

Gw minat untuk mulai menginvestasikan uang gw dalam reksadana itu sekitar bulan Juli 2011, tapi karena berbagai pertimbangan (males nyari info, ragu-ragu, ada keperluan yang sebenarnya-tidak-mendesak-tapi-bokap-bilang-mendesak-jadi-harus-gw-bayar) akhirnya niat mulia untuk mulai membuka rekening Reksadana baru terlaksana bulan November 2011.

Buat pembaca blog (kalo ada) yang masih belum paham mengenai apa itu Reksadana, gw mo coba jelasin dikit ya.

Jadi,menurut pemahaman gw, Reksadana itu adalah menitipkan uang kita ke suatu institusi, yang bernama Manajer Investasi,  yang kemudian uang yang kita titipkan itu dikelola oleh si Manajer Investasi di pasar.

“pasarnya pasar apa? Pasar tradisional?”

Well, jenis pasarnya sih kita bisa pilih sendiri, mau pasar uang (Reksadana Pasar Uang), pasar saham (Reksadana Saham), atau kombinasi antara keduanya (Reksadana Campuran), tapi ide bagus juga sih kalo mau ada Reksadana pasar tradisional J.

“uang gw gimana sih, aman gak? Ntar dibawa kabur lagih, trauma nih gw.”

Hmm, kalo risiko dibawa kabur sih ya selalu ada, bahkan lo simpen duit lo di Bank juga risiko itu tetep ada,masih inget kasus Century kan? Cuma bedanya kalo di Bank kan kita ada suatu lembaga yang menjamin uang kita akan kembali no matter what happened with the bank, bernama LPS, nah di Reksadana ini nggak ada Lembaga Penjamin Reksadana, kenapa begitu? Kita Tanya Galileo! (gw juga ga menjamin penjelasan gw bisa diterima soalnya, piss ah ^^).

“duh, eijk mulai tertarik nih cyin, returnnya gimana returnnya?”

Nah, bedanya sama Bank adalah, uang yang kita setorkan ke rekening Reksadana di Manajer Investasi, akan dikonversi menjadi unit penyertaan, yang banyaknya didapatkan melalui jumlah uang yang kita setorkan dibagi NAB atau Nilai Aktiva Bersih, nahhh, Nilai Aktiva Bersih inilah yang akan menentukan berapa return yang kita terima bow, karena sifatnya si NAB ini yang fluktuatif (tergantung jenis Reksadana yang jij mau pilih), soal nilai dalam Rupiah, well, gw bisa bilang bahwa dalam 3 bulan gw udah buka rekening, return yang gw terima JAUHHHHH lebih besar dari return yang gw terima dari Bunga Bank, belum signifikan sih, tapi seenggaknya gw udah bisa ngeliat bahwa Reksadana ini adalah pilihan yang lumayan tepat buat gw :D

“ah elu ngomong aje, ajarin dong caranye gimane, trus kalo mo buka rekening, manajer inpestasinye nyang mane mendingan?”

Cara buka rekening Reksadana sih macem macem cing, ade nyang bisa lewat internet aje, ade nyang dateng ke Manajer Investasinya langsung, ade juge nyang melalui Bank, nyang berperan sebagai Agen Penjual Reksadana, kalo aye sih mpok, aye bukanya di Bank Mand*ri, aye tinggal dateng ke kantor cabang Banknya aje, bilang mau buka Reksadana, trus dibantu deh ame  mbak-mbaknye, oiye, sebelum dateng ke Bank, konfirmasi dulu ye pok,di kantor cabang yang mpok tuju jual RD nggak, soalnye temen aye yang di Bali, mbak Ska, ke Bank entuh katanye kagak ada RD, jadi mungkin ga semua kantor cabang bank ntu jual RD.

Trus ya pok, kalo milih-milih manajer investasinye sih, aye kemaren ngandelin intuisi aje, sebenernye bukan intuisi juge sih, aye milih MI yang istilahnya bluechip, yang kinerjanya udeh keliatan bener, diliat dari NABnye nyang mahallllll, bahkan paling mahal di antara daftar yang dijual di Bank itu, agak nyesel sih awalnya, karena penyertaan aye jadi dikit, tapi gapapa kok, keliatan kinerjanye bener soalnye ^^.

Oh iya, sedikit yang belum gw sampein, minimal dana yang harus kita setor ke MI itu variatif, tergantung produk RD yang kita pilih, gw kemaren Cuma 500rb, udah diterima, trus temen gw yang punya RD juga, dia pertama deposit 5jt, jadi yaa tergantung produknya sih.

Buat yang nanya seberapa gede returnnya, gw kasih hint aja ya: dalam 3 bulan gw menyertakan uang gw ke RD, gain yang gw peroleh itu yaa sekitar beberapa ratus kalinya gain yang gw terima kalo nabung di bank dengan jumlah uang yang sama, tp gw tau sih, ini fluktuatif banget, sekarang aja mungkin lagi naik, kalo turun mungkin bakal nyesek juga.

Satu saran gw buat yang mau investasi, dalam bentuk apapun itu, kalo udah ada duitnya, mending langsung investasiin aja, ga usah banyak mikir, ntar nyesel soalnya J.

So, Have you use it (your money, in this case) wisely?

1 komentar:

Me..in words mengatakan...

eh, masku sayangku itu april 1984, jadi umur tertanggal 9 januari 2012 adalah 27 tahun lebih beberapa bulan.. dengan face yahh,, 24 unyu-unyu lah.


tertanda.calon.massf*him.aminnnn